SEJARAH RINGKAS BERDIRINYA MADRASAH ALIYAH MA’ARIF KENCONG

Dalam uraian sejarah ringakas berdirinya Madrasah Aliyah Ma’arif Kencong ini terdiri dari : 1. Nama Lengkap Madrasah 2. Tingkatan Madrasah 3.  Status Madrasah 4. Tahun berdirinya 5.  Pendiri Madrasaha. Pemrakarsa (yang mempunyai gagasan pertama) b. Pendukung dan pendorong c.  Pengurus yang pertama 6.  Formasi guru 7.  Alasan didirikanya Madrasah 8. Tujuan pendirianya 9.  Usaha – usaha dalam rangka melestarikan madrasah
Uraian : 1. Nama Lengkap Madrasah Nama lengkap Madrasah adalah Madrasah Aliyah Ma’arif, merupakan kelanjutan dari Pendidikan Guru Agama Lengkap (PGAL) NAHDLATUL ULAMA’ yang selanjutnya diubah menjadi Pendidikan Guru Agama Lengkap (PGAL) Ma’arif.
2.  Tingkatan Madrasah Karena Madrasah Aliyah ini adalah merupakan perubahan dari PGAL Ma’arif, maka lembaga pendidikan tersebut menjadi dua yaitu Madrasah Tsanawiyah (setingkat SLTP) dan Madrasah Aliyah (setingkat SLTA), dengan jenjang pendidikan selama 3 (tiga) tahun.
3. Status Madrasah Status Madrasah adalah swasta, terdaftar pada Departemen Agama dengan mendapatkan bantuan guru negeri sejak masih bersetatus PGAL. Kurikulum yang di pakai adalah kurikulum dari Madrasah Aliyah Negri di padukan dari Lembaga Pendidikan Ma’arif dengan perincian sebagai berikut :Jam pelajaran sesuai dengan Kurikulum Depertemen Agama ditambah 6(enam) jam pelajaran yang dimasukkan kedalam pelajaran agama.
4. Tahun Berdirinya Berbicara masalah tahun berdirinya, sebetulnya tidak dapat terlepas dari tahun berdirinya pendidikan Guru Agama pertama 4 tahun yang berdiri pada tahun 1956, kemudian setelah berjalan selama 4 tahun ditingkatkan menjadi PGAL. Karena peraturan pemerintah bahwa Pendidikan Guru Agama hanya Negeri saja yang di perbolehkan, maka secara otomatis Pendidikan Guru Agama Lengkap (PGAL) Ma’arif berubah menjadi Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Ma’arif pada tahun 1979. dari penjelasan ini maka tahun berdirinya Madrasah Aliyah Ma’arif Kencong adalah pada tahun ajaran 1979 – 1980 atau pada tanggal 22 Juli 1979
5. Pendiri Madrasaha . Pemrakarsa :yang mempunyai gagasan pertama berdirinya pendidikan yang kemudian di beri nama Pendidikan Guru Agama Pertama Nahdlatul Ulama’ adalah Bapak K.H. Jauhari Zawawi sebagai Rois Syuriyah Cabang NU Kencong, karena di dorong suatu kelanjutan anak didik dari Madrasah Idtidaiyah yang sudah ada sebelumnya.
b. Pendukung dan Pendorong : Gagasan tersebut disampaikan saat diadakan pertemuan pengurus Cabang Nahdlatul Ulama’ Kencong yang akhirnya disetujuinya berdirinya sekolah tersebut.Jadi pendukung dan dorongannya adalah Pengurus Nahdlatul Ulama’ Kencong yang terdiri dari :- Bapak K.H. Abdul Hayyi,- Bapak K.H. Badruddin,- Bapak K.H. Syafawi,- Bapak K.H. Syarif,- Bapak H.Abdul Jalal,- Bapak H. Ahmad Thowie,- Bapak Joyowisastro,- Bapak K. Abdul Rosub,- Bapak Basuki Abdullah,
c . Pengurus Sekolah yang Pertama- Pelindung   : Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama’ Kencong- Penasehat  : Bapak K.H. Jauhari Zawawi    Bapak K.H. Abdul Hayyi- Ketua : Bapak ahmad Thowie- Wakil Ketua : Bapak K. Abdul Rosub- Penulis : Bapak Abdul Mutholib Yunus- Bendahara : Bapak Joyowisastro- Pembantu :  Bapak H. Abdul Jalal Bapak Abdul MananBapak Abdul Kholil KancilBapak Kn. Masykur
6. Formasi Guru Dalam tahun berdirinya tahun 1956 formasi guru adalah sebagai berikut :Kepala Sekolah : Bapak Basuki AbdullahGuru Pembantu    : Bapak Syamsul Bahri Bapak Afif Manan   Bapak Suraji  Bapak Nur Wachid Bapak Wiyono  Bapak SiradUntuk tahap awal kepala sekolah dan guru guru diangkat oleh pngurus sekolah dengan dasar keiklasan berjuang demi tegaknya agama islam, tanpa menghitung hononarium yang harus diterima setiap bulan .Sedangkan formasi guru setelah menjadi madrasah alyah ma’arif adalah sebai berikut :Kepala Sekolah    : Bapak Machmud AdnanWakil Kepala  : Bapak Ahmad Mursyid ShomadiGuru Pembatu : Bapak Nur Yasin ( Guru Negeri)   Bapak Drs. Dulhari (Guru Negeri) Bapak A. Barizi Bapak Suladi Amil BA.  Bapak Sonhaji Sueb BA.  Bapak Subroto Haar  Bapak Afif Manan Bapak Adb. Manaf Sukandar  Bapak Usnandar Bapak Abdul Manaf S.  Bapak Drs. Yusuf (Guru Negeri)   Bapak Abdus Shomad (Guru Negeri)  Bapak Suryonoto
7. Alasan didirikannya Madrasah Alasan didirikannya Madrsah adalah sebagai berikut : a. Masih belum adanya Sekolah Lanjutan di daerah Kecamatan Kencong b. bernaung pada Lembaga Pendidikan Ma’arif .c.Merupakan kelanjutan pendidikan dari pendidikan dasar yang telah ada.d. Ingin ibadah lewat pendidikan, dengan mengadakan pengelolaan sekolah secara baike.  Menampung para anak didik khususnya dari warga NU.
8.  Tujuan pendiriannyaa.    Mencetak para kader nahdliyyin yang akan melanjutkan perjuangan para pendahulunya.b.      Sebagai wadah pembinaan para remaja yang belajar agama disamping pendidikan umum yang sama dengan lembaga yang mengadakan pendidikan umum.c. Sebagai sarana untuk menampung para kader yang akan berjuang lewat pendidikand.  Sebagai sarana untuk menyampaikan ajaran ahlus sunnah wal jama’ah
9.  Usaha – usaha dalam rangka melestarikan madrasahMadrasah dapat dilestarikan apabila memenuhi beberapa persyaratan (pendukung ) yang terdiri dari :a.  Mempunyai gedung tempat kegitan belajar mengajar,b. Ada guru yang mengelola madrasah,c. Ada siswa yang belajar,d.    Di tunjang dengan adanya dana ,Untuk memenuhi persyaratan tersebut pengurus mengambil langkah – langkah sebagai berikut :Membangun gedung yang permanen yang memenuhi persyaratan pendidikan,Mengangkat guru – guru yang dianggap layak untuk mengajar,Karena madrasah ini dalam naungan lembaga pendidikan ma’arif maka dalamrangka untuk mendapatkan siswa yang memadai diadakannya kerja sama dengan sekolah sekolah yang juga di bawah naungan LP ma’arif untuk menggiring para siswanya yang telah keluar dari pendidikan lanjutan pertama untuk dapatnya masuk ke madrasah aliyah,Di bidang dana disamping dari intra sekolah sendiri berupa SPP dan dana yang lain, juuga berusaha untuk mencari donatur dari warga yang di angggap mampu.
Demikian sejarah ringkas berdirinya madrasah aliyah ma’arif kencong.Kencong, 29 april 2006Sesui dengan aslinya NotulenYang menyalin
Ttd
M. Syiful Afif MananTU

Leave a Reply