Yayasan Yunisma Kencong melaksanakan Pendidikan Manasik Haji untuk seluruh guru, staf dan siswanya

Jember-Kencong; Selasa 13/8/2019 yang juga bertepatan dengan 12 Dzulhijjah 1440 Hijriah, Yayasan Yunisma Kencong melaksanakan Pendidikan Manasik Haji untuk seluruh guru, staf dan siswanya. Yayasan yang terdiri dari enam lembaga pendidikan yaitu TK Dewi Masyitoh, SDNU, MINU, MTs Maarif NU, MA Maarif NU, dan SMK Maarif ini mengagendakan Pendidikan Manasik Haji setiap dua tahun sekali.

Visi akbar yang disampaikan oleh Ketua Yayasan Yunisma, Bapak K.H. Qomari Syam tentang harapan yang mulia dari Pendidikan Manasik Haji ini. “Melalui latihan manasik haji ini akan bertambah yaqin iman kita kepada Allah S.W.T., bertambah kuat dalam menjalankan syariat islam, bertambah teguh diri kita sebagai seorang muslim.” Dawuh beliau. Cita-cita, doa, dan keyakinan untuk seluruh warga Yayasan Yunisma yang suatu saat nanti, InshaAllah akan mendapatkan kesempatan untuk berhaji, ziarah Makkah dan Madinah.

Peserta yang terdiri dari 1.207 siswa dan 54 guru dalam pendidikan manasik ini mengamini segala hajat luhur Sang Pemimpin Yayasan. Pada hakikatnya, semua muslim ingin berhaji sebagai pemenuhan rukun islam yang kelima. Termasuk keinginan yang disematkan melalui ikhtiar Pendidikan Manasik Haji yang dilaksanakan di Yayasan Yunisma ini.

Persiapan yang sangat matang dan terstruktur, diawali dengan gladi kotor dan gladi bersih, semuanya dijalankan dengan  rapi sampai pada pelaksanaan inti. Selain terstruktur, pihak penyelenggara juga mempersiapkan perlengkapan, tenaga keamanan, dan tenaga kesehatan untuk mengantisipasi segala kemungkinan dalam pelaksanaan Pendidikan Manasik Haji ini.

Desain yang dipergunakannya pun sangat menarik karena memang benar-benar dibuat seperti desain ibadah haji yang sesungguhnya. Dimulai dari desain Kakbah sebagai media untuk pelaksanaan tawaf, sai, dan wukuf sampai desain sarana lempar jumrah. Hal ini membuat peserta lebih antusias dan khidmat dalam mengikuti kegiatan manasik haji secara tertib.

Amirul Haj pada pelaksanaan manasik haji ini dipimpin langsung oleh ketua yayasan K.H. Qomari Syam dan dibantu oleh beberapa guru lain yang tentunya sangat memahami pelaksanaan ibadah haji sesungguhnya. Semoga kelak kita diundang Allah untuk melaksanakan ibadah Haji untuk menambah rasa taqwa kita kepada Allah S.W.T

Leave a Reply